Kamis, 18 November 2010 di 02.29 |  

ISI KAJIAN
Bagaikan lautan yang tak akan kering walaupun kita minum setiap hari. Mungkin peribahasa ini cocok untuk menggambarkan ilmu filsafat, filsafat oleh sebagian orang sering di anggap sebagai hal yang tabu, tetapi sebagian filsuf lain mengatakan bahwa filsafat itu ilmu yang mempelajari tentang ilmu dan di dalam buku karangan Richard Osborne seorang filsuf mengatakan bahwa lebih baik melakukan sesuatu yang buruk dari pada tidak berbuat apapun. Mungkin kata-kata ini bermaksud seorang yang enggan berbuat suatu apapun menurut dia merupakan suatu perbuatan baik tapi dimata orang lain itu adalah perbuatan yang buruk. Menurut beberpa filsuf berpendapat bahwa mengamati sejarah umum filsafat merupakan upaya yang mustahil bahkan sangat mungkin menimbulkan kerancuan. Filsafat sebagian besar hanya memakai pikiran atau logika dan didalam buku filsafat untuk pemula karangan richard osborne yang menjelaskan kalau filsafat itu merupakan berpikir tentang berfikir yang artinya jika kamu berfikir mengenai bagaimana kamu mengetahui sesuatu,bahkan misalnya harga sebuah peniti,maka kamu menyadari kamu berfikir mengenai bagaimana kamu berfikif.
Dan di yunani filsafat berarti cinta akan kebijaksanaan jadi seorang filsuf  itu mempunyai jiwa kebijaksanaan selain itu juga seorang filsuf mempunyai jiwa yang bisa memanfaatkan waktu walaupun hanya satu detik saja sehingga tidak ada waktu yang kosong. Jadi sayapun berfikir nabi muhammad yang mempunyai jiwa kebijaksanaan yang luar biasa dan  nabi muhammad pun bisa dikatakan seseorang filsuf bahkan taraf nabi muhammad melebihi filsuf-filsuf yang ada didunia ini. 
Platopun mengatakan bahwa segalanya akan beres apabila para filsuf memegang pemerintahan didunia maka akan beres,tetapi filsuf yang lainnya berpendapat bahwa filsafat yang diajarkan bahwa segalanya tidak ada artinya yang dapat hanya mempersulit pemerintahan. Dalam buku filsafat untuk ilmu pengetahuan karangan Suparlan Suhartono memang setiap kebutuhan hidup manusia adalah awal tumbuh dan berkembangnya suatu ilmu pengetahuan. Bagaimana kebutuhan ekonomi bisa terpenuhi, muncullah ilmu pengetahuan ekonomi. Kebutuhan akan keamanan dan ketertiban sosial, lahirlah ilmu pengetahuan hukum kebutuhan akan kekuasaan dan kepemimpinan menimbulkan ilmu pengetahuan politik. Dengan demikian setiap ilmu pengetahuan memperoleh nilai ilmiah universal dari filsafat, yaitu berupa wawasan atau pandangan yang menyeluruh luas dan mendalam. Pendidikan di gunakan oleh setiap masyarakat untuk mempertanhankan kelangsungan hidup masyarakat dan budayanya agar setiap warga masyarakat menjadi pendukung aktif institusi. Wawasan yang demikian sangat berguna bagi setiap ilmu pengetahuan agar manusia selalu berfikir kritis. Melalui berpikir seseorang dapat meraih atau mendapatkan nilai lebih dalam berbagai hal. Dalam proses penyesuaian manusia dan lingkungannya seseorang juga didukung orang disekitarnya. Jadi lingkungan sangat berpengaruh terhadap karakteristik seseorang. Jika seseorang berada di dalam lingkungan yang karakteristik masyarakatnya kurang pendidikan, maka pola pikir orang tersebut tidak akan mengalami perkembangan. Lain lagi jika dilingkungan sekitarnya terdapat masyarakat yang berkependidikan, maka perkembangan karakteristik orang tersebut akan semakin terasah. Tetapi seseorang yang kurang mengoreksi dirinya sering kali menganggap dirinyalah yang paling benar. Sementara para filsuf Yunani yang lebih awal tertarik pada semesta, kesatuan dan perbedaan, persoalan-persoalan besar, para SOPHIS lebih tertarik pada cara-cara bagaimana bertingkahlaku. Para Sophis lebih tertarik pada cara-cara bagaimana manusia dapat melakukan sesuatu untuk dirinya, bukan mencari kebenaran besar. Ini membawa mereka mengajar orang-orang mengenai bagaimana menulis pidato, membuat bagai mana memenangkan debat di pengadilan melalui penggunaan paradoks dan argumen yang di putar balikkan. Ini menyulitkan mereka di Athena karena menyebabkan munculnya kebiasaan buruk (misalnya menjadi sinis).
          Heraclitus “Anda tidak dapat menyabrangi sungai yang sama dua kali”, bahwa segala sesuatu  mengalir. Tetapi ia juga percaya akan keadilan kosmis yang manjaga keseimbangan di dunia. Ini adalah ide kompleks! Pilihannya untuk suatu unsur utama yang di cari setiap orang adalah API. Ada suatu inti api yang tidak pernah padam...,Menggambarkan hidup seseorang, bahwa kesempatan yang sama tidak mungkin akan terjadi lagi. Maka hal tersebut bisa menjadi pelajaran kita untuk pandai-pandailah dalam memanfaatkan kesempatan.
           Aristoteles secara diam-diam dinobatkan sebagai santo kafir, banyak ide-idenya secara aneh dipaterikan pada iman Kristen atau Islam,dicaci dalam Renaissans, dan cap profesor yang membosankan telah melekat padanya. Tetapi dalam lingkup luas , dan sering dalam ketetapan, sering ia melampaui Plato. Ia orang pertama yang membagi bidang-bidang penyelidikan, orang  pertama yang mencoba membuat klasifikasi pengetahuan; Hasil dari prinsip pembelajaran adalah ilmu pengetahuan, dan ilmu pengetahuan adalah salah satu dasar dan bimbingan dalam meraih keberhasilan. Ilmu adalah pemahaman akan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan oleh sang pencipta, dan tersebar di alam semesta. Ketentuan-ketentuan tersebut memiliki kepastian sifat, karena alam sejatinya tunduk kepada Tuhan.
          Ketentuan yang pasti itulah yang kemudian melahirkan sebuah teori dari hukum alam atau pun hukum sosial yang memudahkan manusia dalam bekerja di bumi. Pengetahuan diperoleh melalui hasil pengamatan mendalam para mekanisme kejadian atau proses. Hal itu bisa saja tentang urutan kejadian, mengapa sesuatu terjadi dan bagaimana sesuatu berproses. Kesimpulan yang mengemuka kemudia adalah mekanisme apa pun yang ada di hadapan kita pastilah seperti ada yang mengaturnya.
           Francis Bacon (1561-1626) ia di kenal dengan semboyannya “Knowledge is Power” (pengetahuan adalah kekuasaan). Fenomena tersebut dapat kita telusuri melalui kajian antropologi budaya dan sosiologi yang menunjukkan bahwa peradaban manusia dari waktu ke waktu semakin berkembang maju, dan kemajuan itu diperoleh melalui interaksi komunikasi sosialnya. Semakin intens komunikasi sosialnya semakin cepat pula berkembangnya. Itulah sebabnya suku-suku yang terasing sangat lambat perkembangan peradabannya.
           Kedalaman dan keluasan ineraksi manusia semakin bertambah dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi misalnya televisi, internet, komputer, surat kabar dan lain-lain. Berbagai macam informasi, berita dapat diterima dan di akses sedemikian cepat sehingga menambah wawasan, pengetahuan manusia. Semakin luas wawasan  dan pengetahuan  manusia semakin maju pula pemikirannya, dan seiring dengan kemajuan pemikirannya berkembang pula kreativitasnya untuk mencipta, melakukan eksplorasi guna memenuhi hajat hidupnya.
           Demikian masyarakat manusia berkembang  dari masyarakat primitif sampai masyarakat modern. Kita dapat membandingkan pola pikir dan perilaku masyarakat primitif dan modern dalam mengatasi problem kehidupannya. Jika masyarakat primitif hanya memiliki wawasan yang terbatas, baik tentang dirinya maupun lingkungannya maka sangat terbatas kreativitasnya. Sedangkan masyarakat modern  karena wawasannya semakin luas maka semakin tinggi kreativitasnya. Dengan demikian dapat di  tarik benang merah bahwa, di tinjau dari antropologi budaya dan sosiologi fungsi pendidikan pertama menumbuhkan wawasan yang tepat menganai manusia dan lingkungannya, sehingga dengan demikian di mungkinkan tumbuhnya kreativitas yang dapat membangun dirinya dan lingkungannya. Ilmu filsafat memerlukan daya pikir yang luas di dalam mempelajarinya. Yang berarti di dalam mempelajarinya seseorang dituntut untuk bisa mengungkapkan setiap pendapat yang diperoleh dari masalah-masalah di dalam kehidupannya. Hal tersebut diperlukan untuk memacu pola pikir serta daya kreativitas dari dalam diri orang tersebut, sehingga banyak manfaat yang akan didapatkan seseorang dalam mempelajari filsafat, yang diantaranya adalah sebagai pemicu daya kreatifitas dan kecerdasan pola pikir. Untuk mencapai atau memaksimalkan kecerdasan dan kreativitas seseorang harus mempunyai jasmani yang sehat pula, maka kegiatan olah raga sangat efektiv untuk menujang terciptanya tubuh dan pikiran yang sehat. Di dunia olah raga sendiri terdapat seboyan “Mensana in korporesano” yang berarti didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.  Kegiatan olah raga sangat penting bagi kehidupan manusia, maka saya tidak setuju jika mata pelajaran olahraga di hapus dari kurikulum karena pelajaran olah raga banyak segi positifnya dari pada segi negatifnya. Olah raga bisa juga sebagai penunjang pertumbuhan dan keterampilan, masa anak besar (usia 6-12 tahun) atau yang lebih dikenal dengan masa anak usia Sekolah Dasar, merupakan masa yang harus mendapatkan perhatian yang harus mendapatkan perhatian yang serius oleh semua pihak. Pada usia ini merupakan  masa dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Perkembangan kemampuan gerak sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. Kemampuan gerak dasar, seperti lokomotor , non lokomotor dan manipulatif harus mendapat perhatian, bimbingan dan latihan dari seorang guru, pelatih maupun pembina Olahraga. Kemampuan gerak dasar sangatlah penting dikuasai, karena mendukung atau sebagai dasar untuk melakukan keterampilan gerak pada cabang-cabang olahraga. Jadi olaharaga mengambil peran penting dalam menstimulus perkembangan seoarang anak. Sehingga pendidiakn olahraga sangat penting dan kurikulumnnya harus diberikan mulai dari pendidikan dasar. Karena jika seorang anak mendapatkan jasmani dengan baik sehinnga memicu anak tersebut untuk menjadi seorang atlit. Bukanlah hal yang tabu jika anak itu telah menemukan jalan untuk bekal bagi masa depannya. Contoh sanja jika anak tersebut suka atau berminat dengan salah satu cabang olahraga dia akan memiliki pndangan mencapai cita-citanya untuk menjadi seorang atlet. 
Perkembangan ketrampilan gerak bagi anak-anak sekolah dasar, diartikan sebagai perkembangan dan penghalusan ketrampilan gerak dasar dan ketrampilan gerak yang berkaitan dengan olahraga. Gerak dasar pada anak membentuk dasar untuk gerak. Ketampilan dasar gerak itu didukung oleh pola gerak. Pola gerak merupakan serangkaian gerak terkait yang terorganisir. Misalnya sebuah pola gerak berupa mengangkat ke tangan samping atau ke atas. Berdaswarkan pola gerak inilah terbentuk gerak dasar. Diantara berbagai bentuk pola  gerak itu, adapula gerak yang dominan karena menjadi landasan utama untuk dapat dilakukan dan dikuasai dengan baik ketrampilan gerak dasar.
Selain sebagai penunjang keterampilan, olahraga juga bisa sebagai ladang bisnis melalui penciptaan kebutuhan yang akan di konsumsi pihak lain. Bagi masyarakat awam potensi bisnis semacam ini kurang terlihat sebagai peluang bisnis sebagai contoh pasar, toko, maupun supermarket untuk memenuhi kebutuhan, kita membaca berita, mendengarkan radio, melihat televisi untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam memenuhi kebutuhan, yang semua itu tidak terlepas dari aktivitas bisnis. Seorang daari bangun tidur sampai menjelang tidur banyak sekali melakukan transaksi bisnis, sebagai contoh: (1) Agar tidak bangun terlambat membutuhkan jam beker untuk memberi tanda bangun tidur. (2) Karena masih gelap maka membutuhkan  lampu penerangan kamar. (3) Kekamar mandi membutuhkan air untuk berkumur dan mandi. Jika dikaitkan dengan dihapusnya kurikulum olahraga maka perusahaan-perusahaan yang memproduksi perlengkapan atau alat-alat olah raga akan berkurangi penghasilan mereka. Bagi saya sendiri, sebagai mahasiswa khususnya prodi pendidikan jasmani akan merasa sangat dirugikan apabila pelajaran pendidikan jasmani dihapus, karena secara langsung akan membawa dampak negatif terhadap masa depan saya.
Kegiatan-kegiatan tersebut bersifat rutinitas, maka kurang mendapat perhatian untuk di jadikan wacana atau panduan dalam mengikuti jejak para pelaku bisnis yang sudah berpengalaman membangun suatu bisnis. Berdasarkan keperluan dan kebutuhan seseorang seperti tersebut di atas kebutuha harus disediakan oleh pihak eksternal salah satunya adalah para guru penjas dilingkungan kerja masing-masing. Bisnis adalah usaha memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas selama manusia masih bertambah melalui kelahiran secara otomatis akan menambah daftar kebutuhan yang harus dipenuhi.
Olahraga juga berperan dalam faktor psikologi, pada anak maupun orang tua. Sebagian guru dan orang-orang awam memiliki asumsi bahwa sekolah akan berfungsi dengan baik jika semua siswa sama. Mereka harus menggunakan buku dan perlengkapan yang sama dan belajar dengan kurikulum serta jadwal yang sama, tetapi dengan ditambahnya mata peljaran olahraga, anak dapat mudah berinteraksi dangan teman-temannya, lebih bisa mengontrol emosi. Perkembangan psikis seorang anak dipengaruhi juga oleh perkembangan fisik yang bagus. Jika sorang anak dituntut untuk belajar terus-menerus tanpa adanya refreshing di dalam diri anak tersebut, akan menimbulkan kejenuhan sehingga prestasi yang didapat anak tersebut tidaklah maksimal. Jadi manfaat olahraga di dalam hal ini ialah berperan sebagai penyeimbang antara pola pikir dengan olah gerak anak. Sehingga diharapkan anak dalam masa pertumbuhannya tercukupi antara aktifitas gerak yang memicu pertumbuhan anak menjadi lebih maksimal dan pola pikir yang menjadi lebih dewasa atau rasional. Kita bandingkan saja antara anak yang sering melakukan kegiatan olah raga dan yang jarang atau tidak sama sekali melakukan kegiatan tersebut, di dalam mengikuti pelajaran di kelas yang bersifat teori, anak yang sering melakukan kegiatan olah raga akan lebih mudah menerima pelajaran dari guru. Karena anak tersebut terlatih untuk bertindak cepat, sehingga daya ingat maupun konsentrasi anak tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan anak yang jarang melakukan kegiatan jasmani. Dari sini saya mencermati, bahwa pendidikan olahraga sangat bermanfaat di luar perkembangan fisik yaitu berperan dalam memicu daya reaksi yang lebih baik terhadap faktor intern seseorang.  
Dengan adanya pendidikan olahraga yang terencana dengan baik sesuai dengan kurikulum yang berlaku, Seorang siswa akan mendapat manfaat yang lain jika dibandingkan dengan pelajaran-pelajaran yang bersifat teori. Karena dalam pendidikan olahraga, anak akan mendapat pelajaran berupa kemandirian, tanggung jawab, serta ketepatan dalam mengambil sebuah keputusan. Pembelajaran tersebut akan sangat dirasakan saat seseorang mendapati sebuah masalah di dalam kehidupannya. Seseorang yang terbiasa melakukan kegiatan yang berkenaan dengan pendidikan jasmani, maka wawasan serta pandangan hidup orang tersebut juga akan ikut berkembang. Jadi Pembelajaran Penjas memang sangat baik jika diajarkan mulai usia dini. 
Manfaat lain yang di dapat dari kegiatan atau aktifitas olahraga adalah mengharumkan nama bangsa. Dengan adanya skill atau kemampuan seseorang dalam bidang dan cabang-cabang olahraga tertentu, seseorang dapat memanfaatkan kemampuan untuk berprestasi. Terlebih jika prestasinya dapat mencapai prestasi tingkat internasiona, kita dapat mengambil contoh seperti: Chris john di cabang olahraga tinju, Tofik hidayat di cabang olah raga bulu tangkis. Kita juga bisa meniru atau atau bahkan lebih dari mereka, dengan cara mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan untuk memenuhi tuntutan penguasaan bahan kajian dan pelajaran dengan alokasi waktu yang diatur secara  tersendiri berdasarkan kebutuhan. Dengan adanya kegiatan tersebut, seseorang dapat memeksimalkan potensi atau bakat yang dimilikinya, sehingga mampu berprestasi di bidang olahraga yang ditekuninya. Satu-satunya pemaksimalan prestasi didalam dunia olah raga tanpa menghilangkan kepercayaan antar sesama atlet dan masyarakat hanya bisa ditempuh dengan latihan yang maksimal, lalu apa yang menghilangkan kepercayaan masyarakat kepada atlet yang berprestasi?  Jawabanya adalah ketika masyarakat tau bahwa atlet yang berprestasi itu menggunakan doping.  “Doping”, hal yang satu ini sering muncul dalam dunia olahraga, dengan alasan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencapai prestasi yang diinginkan oleh pengguna itu sendiri. Padahal dalam dunia olahraga sangat gencar digembor-gemborkan yang namanya kata sportif. Puncak kemampuan fisik individu dicapai antara usia 18-30 tahun yang diikuti dengan kesehatan yang baik. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada usia ini adalah nutrisi dan pola makan, olahraga, serta ketergantungan terhadap obat. Hal ini menjadi titik perhatian sendiri karena sangat mempengaruhi  keadaan kesehatan pada usia selanjutnya (Santrock, 2002). Dengan demikian kita tau bahwa pengguna doping itu sebenarnya dalam pencapaian prestasinya bukan karena usaha peningkatan fisik atau kemampuan yang dilatih secara rutin, melainkan ketergantungan terhadap obat atau doping.
Pada hakikatnya olahraga adalah sarana untuk meningkatkan kesehatan, disiplin dan tanggung jawab, kereativitas dan inovasi serta mengembangkan kecerdasan. Tetapi dilain pihak menganggap bahwa olahraga hanyalah sebagai pencapaian prestasi yang bisa dicapai dengan berbagai cara termasuk menggunakan doping. Kita tau bahwa pencapaian prestasi pada bidang olahraga akan tercapai apabila seseorang tersebut mempunyai bakat atau potensi didalam suatu cabang olahraga. Tetapi itu saja belum cukup unuk memaksimalkan suatu pencapai prestasi, selain bakat dan potensi harus dibarengi dengan latihan yang maksimal. Mungkin pemakaian doping dikarenakan bahwa kemampuan orang tersebut dirasa masih kurang atau ada faktor lain misalkan usia, semakin tinggi usia manusia akan diikuti secara berangsur-angsur oleh semakin mudurnya fisik dan emosi.
Doping jika dilihat dari sudut pandang sosial menurut saya juga kurang baik, karena jelas-jelas doping memberikan aspek buruk dan tidak bersesuain dengan norma-norma masyarakat. Hal ini berkaitan dengan tidak etisnya pemakaian dari doping itu sendiri yang dipandang dari aspek norma yang bertentangan jauh. Jadi jika doping itu dijalankan oleh seorang atlit atau orang lain. Orang tersebut sebenarnya tidak menghargai prinsip atau norma-norma dari masyarakat itu sendiri. Hal lain yang ditimbulkan dari pemakain dari doping itu sendiri adalah dapat menimbulkan kerancuan dari dalam diri atlit itu sendiri, hal ini dikarenakan karena doping tidak bersesuaian dengan aturan fair play yang seharusnya diemben oleh seorang atlit, jika seorang atlit mempergunakan doping di dalam aktifitas olahraga yang diampunya, sebenarnya ia menghapus jiwa fair play dalam dirinya, yang berarti ia menodai dunia olahraga yang dijalaninya.
Pendidikan tentang doping seharusnya dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan jasmani sejak dini. Hal ini berkaitan untuk mewujudkan terhapusnya budaya doping dalam dunia olahraga. Pengertian dan cara penanggulangan dari doping harus diberikan secara jelas terhadap peserta didik, agar peserta didik dapat mengerti tentang apa yang dimaksud dengan doping dan tahu bagaimana cara untuk mencegahnya.
Doping tidak saja hanya dicegah dengan memberikan pendidikan tentang doping itu sendiri, tetapi dari diri individu masing-masing. Apabila individu tersebut memiliki moral yang buruk atau tidak baik, maka sangat mudah untuk terjerumus dalam penggunaan doping, sebaliknnya jika individu tersebut memiliki moral yang baik, maka ia akan mengerti dan tidak akan mempergunakan doping, karena doping dapat merusak kesehatan tubuh yang memakainya dan seseorang yang menggunakan doping  tidak menunjukkan sikap fair play.
DAFTAR PUSTAKA
· Osborne, Richard. (2001). Filsafat untuk Pemula. Hal: 1-3
· Suhartono, Suparlan. (2007). Nilai Filsafat bagi Ilmu Pengetahuan. Dalam Dasar-dasar Filsafat. Hal: 117-124
· Francis Bacon: Osborne, Richard. (2001). Filsafat Untuk Pemula. Hal: 67-68
· Rene Descartes: Osborne, Richard. (2001). Filsafat Untuk Pemula. Hal: 70-75
· Aiter & Billy. Filsafat Manusia. Dari gettech.tripod.com/ARSIP/filsafat.htm
· Rusli. (2001). Menulusuri Makna Olahraga, dalam Olahraga dan Etika Fair Play: Hal 27-69.
· Margono (2007). Landasan Falsafah Pendidikan Jasmani. Dalam: Asas dan Landasan pendidikan Jasmani. Hal: 20-28
· Pramono, Made. (2003). Dasar-dasar Filosofis Ilmu Keolahragaan (Suatu Pengantar). Jurnal Filsafat, Jilid 34, No. 2.
· Suharsimi Arikunto. (1990). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Jurusan Administrasi Pendidikan
· Lutan, Rusli dan Suherman, Adang. (2000). Pengukuran dan Evaluasi Penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Diposting oleh yoga blog's

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum